Langsung ke konten utama

Unggulan

MENGENAL KOPI NUSANTARA YANG SUKSES MENDUNIA

Apakah kalian tahu jika Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia? Jika kalian belum tahu, yuk simak ulasan di bawah ini. Sumber:  https://mnews-wp.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/wp-content/uploads/2020/09/25171024/Petani-Kopi.jpg Indonesia merupakan negara produsen kopi terbesar di dunia dengan menempati urutan ke-4 (empat). Berdasarkan pada data yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada tahun 2020, lokasi dan iklim di Indonesia membantu Indonesia menjadi produsen kopi robusta terbesar keempat di dunia. Total produksi biji robusta dan arabika di Indonesia mencapai 10,7 juta karung dengan berat 60 kilogram pada tahun 2019-2020. Biji-biji kopi ini dihasilkan dari 1,2 hektar lahan tanaman kopi yang dikelola pertanian kecil dan industri mandiri. Eits, selain kopi robusta dan arabika Indonesia juga memproduksi kopi luwak yang banyak diminati dan kopi luwak ini merupakan biji kopi termahal di dunia loh.  Saat ini banyak usah...

MENGENAL ALAT PEMASARAN DAN PERIKLANAN ONLINE TRADISIONAL

Alat pemasaran online memiliki tujuan yang dapat melakukan perubahan dengan cepat, dengan begitu perusahaan akan lebih mudah untuk menentukan sasaran demografis. Selain itu alat pemasaran online memiliki banyak media pilihan yang dapat dijadikan penghubung antara pemasar dengan konsumen secara efektif.

1. Pemasaran dan Periklanan Mesin Pencari: pengertian,        jenis, dan permasalahan

1.1 Pemasaran Mesin Pencari

    Search Engine Optimization adalah cara untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas pada halaman pencarian, khususnya pada organic research. yang mana pencarian organik dapat dilakukan oleh user atau saat memasukkan keyword pada browser dan search engine google. SEO berfokus pada pencarian kata kunci secara organik dan berbeda dengan SEM yang berfokus pada media iklan yang disediakan oleh google.

1.2 Periklanan Mesin Pencari

    Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. secara singkat dapat diartikan sebagai “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti google. dengan menggunakan strategi SEM, seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword yang mereka inginkan, dengan harapan setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut akan memilih website/iklan mereka dan dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mencari suatu informasi, cara kerjanya adalah dengan memilih beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa. contohnya adalah ketika kita search “kopi enak di Bandung” maka suatu website berbayar pada google ads maka tampilan akan ditempatkan pada posisi paling teratas dengan harapan calon konsumen mengunjungi website nya terlebih dahulu dibanding dengan website lain.

1.3 Jenis Iklan Mesin Pencari

a) Sponsored links/keyword Paid Inclusion

    Sponsored links atau Keyword Paid Inclusion adalah tawaran berbayar pada SEM dari search engine yang menjamin bahwa halaman web akan dimasukan dalam indeks search engine. namun dalam produk SEM tersebut tidak menjamin peringkat, pembayaran SEM yang digunakan untuk paid inclusion berdasarkan pada biaya per klik.

b) Keyword advertising

    Keyword advertising adalah bentuk iklan di internet yang dapat dipicu dan ditampilkan pada istilah pencarian tertentu yang dimasukan oleh pengguna. seorang marketer dapat memilih kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan isi dalam website nya.

c) Network keyword advertising/context advertising

    Context advertising adalah strategi yang didasari perilaku konsumen dan kondisi upaya pemasaran. Konten yang diberikan pada calon konsumen lebih relevan, strategi pemasaran ini merupakan bagian dari inbound marketing, selain konten yang dikirim harus relevan pada audience, waktu pengiriman juga menjadi faktor penting untuk strategy context marketing. contohnya adalah history pencarian youtube akan menampilkan iklan yang relevan

1.4 Permasalahan yang ada dalam Mesin Pencar

a) Link Farms/Hyperlink

    Hyperlink adalah koneksi antara halaman yang satu dengan halaman yang lain, masalahnya adalah menaruh link yang berlebihan pada suatu halaman akan sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung.

b) Content Farms

    Content Farms adalah situs web yang menghasilkan sejumlah besar artikel berkualitas rendah tentang berbagai topik, kemudian menggunakan kata kunci sehingga halaman terdapat paling atas di google, permasalahanya adalah dianggap bertindak sebagai spekulan konten, mencari keuntungan cepat dan sementara dengan mengeksploitasi area konten yang belum dijelajahi.

c) Click Fraud

    Click Fraud adalah kegiatan mengklik ikan secara kontekstual tanpa niatan untuk membeli barang atau jasa yang di iklankan. click fraud sendiri merupakan masalah yang sering terjadi yang menyebabkan akun adsense seorang publisher di banned dan situsnya dihapus oleh indeks google.

2. Pemasaran Iklan Bergambar

2.1 Iklan Spanduk (Banner ads)

    Iklan bergambar yang satu ini berbeda dengan iklan bergambar lainnya, karena terlihat dari ukurannya yang biasanya dicetak cukup besar dengan bentuk memanjang. Iklan spanduk biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memasarkan produk mereka yang bertujuan agar pengguna jalan dapat melihatnya, hal ini karena iklan spanduk biasanya dibentangkan di pinggir-pinggir jalan, di atas jalan, di pohon, dan tempat sejenis lainnya. 
 
Contoh Iklan Spanduk:

2.2 Iklan multimedia (Rich media ads)

    Iklan multimedia merupakan iklan bergambar yang biasanya ditampilkan di televisi atau media online. Pada dasarnya iklan multimedia menampilkan tokoh yang dapat menambah daya tarik iklan sehingga mampu menceritakan produk yang diiklankan agar pesan yang disampaikan dapat dicerna oleh penonton. Hal itu karena iklan multimedia mempunyai unsur-unsur visual yang dapat didengar seperti suara/radio dan bergerak seperti iklan yang ditampilkan di televisi atau media online lainnya. Berbeda dengan iklan bergambar lainnya, iklan multimedia mempunyai daya tarik yang lebih baik karena dirancang dengan konsep, tema dan eksekusi yang baik serta menarik sehingga ketika ditayangkan di televisi atau radio mampu memberikan pengaruh positif khususnya pada penjualan produk yang diiklankan. Adanya pengaruh tersebut membuat banyak perusahaan besar memanfaatkan iklan multimedia khususnya televisi untuk melakukan promosi walaupun relative mahal, hal itu dapat dilihat dalam data asosiasi perusahaan penyedia jasa periklanan bahwasanya informasi mengenai proses belanja iklan di Indonesia yang terbesar yaitu televisi. 

Contoh iklan multimedia:

2.3 Iklan Video (Video ads)

    Iklan video merupakan iklan digital yang seluruh kegiatan promosinya menggunakan gambar bergerak atau video yang ditayangkan sebelum, selama, atau sesudah konten streaming maupun sebagai iklan bawaan. Iklan video biasanya berada pada platform video seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter dan platform video lainnya. Selain itu, iklan video juga dapat digunakan oleh website sebagai iklan out-stream yang dapat mempengaruhi atau menarik perhatian pengguna website. 

Contoh iklan video:

Sumber: https://yudhapurnama29.wordpress.com/
     

2.4 Sponsor (Sponsorships)

    Sponsor atau Sponsorship adalah kegiatan promosi yang mengasosiasikan materi atau financial dari perusahaan ke pihak organisasi, individu, maupun dengan event tertentu. Artinya kegiatan Sponsorship merupakan kegiatan promosi dengan menjalin kerjasama antara kedua belah pihak. Perusahaan yang menggunakan kegiatan sponsorship dalam melakukan promosi dapat memiliki keuntungan, seperti dapat meningkatkan penjualan produk yang telah di promosi oleh pihak lain, meningkatkan jangkauan produk, memperluas target pasar, dan menumbuhkan awareness. Adapun jenis-jenis sponsorship yaitu Brand Sponsorship dan Event Sponsorship, perusahaan dapat memilih jenis sponsorship apa yang cocok dengan produk mereka yang ingin di promosi. 

Contoh iklan sponsor:
Sumber: https://www.liputan6.com/

2.5 Jaringan Periklanan (Advertising networks)

    Jaringan Periklanan adalah suatu bisnis online yang dijadikan perantara dalam menghubungkan pengiklan (pembeli) dengan penerbit dan penyedia ruang iklan. Pada dasarnya jaringan iklan merupakan sebuah perantara kegiatan yang dilakukan oleh organisasi dengan menemukan situs dengan penyedia konten yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pengiklan (pembeli). Fungsi dari jaringan iklan itu sendiri yaitu sebagai perantara untuk kedua belah pihak (penyedia ruang iklan dan pengiklan). Misalnya pada Google yang menjalankan Adwords yaitu sebuah strategi pemasaran periklanan untuk pengiklan dan AdSense yaitu platform iklan resmi untuk penerbit. 

Contoh jaringan periklanan:

Sumber: https://virginadinarlestari.wordpress.com/


2.6 Pertukaran Iklan dan Penawaran Waktu Nyata (Advertising                         Exchanges        and Real-time Bidding)

    Pertukaran iklan adalah suatu platform teknologi yang menghubungkan pengiklan dan penerbit agar dapat terhubung. Adanya pertukaran iklan dapat memberikan fasilitas penawaran pada pendataan iklan media online dari beberapa jaringan iklan. Hal tersebut dapat membantu pengiklan dan penerbit iklan untuk dapat memantau serta mengelola ribuan situs web dan banyak format dari kampanye iklan yang diterbitkan. Sedangkan Penawaran Waktu Nyata adalah platform yang dapat menjual dan membeli inventaris iklan berdasarkan tayangan, ini dapat dilakukan melalui kegiatan lelang. Adanya penawaran waktu nyata, pengiklan dapat menawarkan tayangan iklan dan apabila tawaran dimenangkan, maka tayangan yang ditawarkan dapat ditampilkan di situs penerbit. 

Contoh pertukaran iklan dan penawaran waktu nyata (advertising exchanges and real-time bidding):

Sumber: https://www.smaato.com/


3. Pemasaran Email

3.1 Pemasaran Email Langsung (Direct Email Marketing)

    Pemasaran Email Langsung atau Direct Email Marketing adalah jenis pemasaran yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan email. Pemasaran jenis ini memiliki kelebihan, yaitu dapat menjangkau audience dengan tepat, biaya relatif murah karena tidak perlu menggunakan ekspedisi pengiriman, proses pengiriman email yang sangat cepat dan fleksibel, dan memiliki ROI yang tinggi. Adanya kelebihan tersebut membuat banyak perusahaan saat ini lebih memilih untuk memanfaatkan Direct Email Marketing. Selain itu, Direct Email Marketing dapat menghemat anggaran untuk pemasaran, menjangkau lebih banyak audience serta menumbuhkan loyalitas pelanggan. Berkaca dari kelebihannya, pemasaran jenis ini juga memiliki kelemahan yaitu memiliki tingkat respon yang rendah dan direct mail yang terlalu banyak dapat dianggap sampah.

3.2 Terdapat 3 Tantangan Utama pada Email Pemasaran

a) Spam

    Spam adalah penyalahgunaan pesan elektronik yang berisi iklan atau hal lain yang tidak diminta dan dikirim dalam satu kurun waktu dengan jumlah yang banyak sehingga membuat ketidaknyamanan.

b) Perangkat lunak anti-spam (Anti-spam software)

    Perangkat lunak anti-spam menggunakan seperangkat protokol untuk menentukan pesan yang tidak diminta dan tidak diinginkan serta mencegah pesan tersebut masuk ke dalam sistem / kontak masuk. anti spam software ini juga dapat memblokir spam, mengkarantina spam,melaporkan spam.

c) Daftar email yang dibeli dengan target yang buruk (Poorly targeted purchased              email      lists)

    Membeli daftar email bisa menjadi cara yang instan untuk mendapatkan list target audience namun, dengan target yang buruk akan berdampak bagi perusahaan. email list yang buruk dapat merusak Sender Score dan reputasi perusahaan. Jika Sender Score Anda sudah sangat rendah karena tingginya bounce rate dan laporan spam, maka ada kemungkinan alamat IP akan di-blacklist.

4. Jenis-Jenis Pemasaran Online Tradisional:                        pengertian,      kelebihan dan kekurangannya

4.1 Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

    Pemasaran afiliasi merupakan suatu metode pemasaran digital dimana jika seseorang mampu menjual suatu produk atau jasa yang dipromosikan melalui link afiliasi yang telah dibuat maka orang tersebut akan mendapatkan penghasilan. Menurut Pat Flynn dari Smart Passive Income “pemasaran afiliasi merupakan proses penawaran sebuah produk menggunakan jasa afiliasi”, sedangkan menurut perusahaan ternama asal Amerika Serikat CJ Affiliate menyatakan bahwa “pemasaran afiliasi merupakan proses promosi dari produk maupun jasa yang terdapat tiga sisi yaitu penjual, afiliasi, dan ko nsumen”. Terdapat kekurangan dan kelebihan pada Pemasaran Afiliasi, yaitu:
Sumber: Pribadi

4.2 Pemasaran Viral (Viral Marketing)

    Pemasaran viral merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan sosial media (online) maupun offline yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan dan ikan kepada target pasarnya. Pemasaran viral bisa juga didefinisikan sebuah proses pemasaran yang dilakukan secara online maupun offline terkait produk ataupun jasa yang ditawarkan para pelaku bisnis kepada konsumennya. Metode pemasaran ini biasanya dikemas oleh para pelaku bisnis dalam bentuk website, video, koran, ebook, dan lainnya. Pemasaran viral ini masuk ke dalam strategi pemasaran portofolio. Pemasaran viral dalam bentuk offline biasanya berupa word of mouth, sedangkan dalam bentuk online menggunakan sosial media yang saat ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari kebutuhan baik berupa barang ataupun jasa yang diperlukan.

4.3 Pemasaran generasi pemimpin (Lead Generation Marketing)

    Lead generation sendiri merupakan orang atau kelompok kecil dari orang-orang yang berpotensi yang siap membeli sesuatu. Lead generation adalah sebuah alat yang memungkinkan untuk merangsang pengunjung atau konsumen agar tertarik dengan situs website dari suatu toko online dimana dalam website tersebut tercantum katalog produk. Lead generation merupakan sebuah fenomena yang tidak berlaku untuk semua segmen bisnis, hal ini paling kompatibel dengan proyek online dengan mode operasi virtual. Pada kenyataanya ungkapan ketertarikan pada suatu produk tidak memiliki bentuk dan peraturan yang tetap, konsumen yang ingin membeli suatu produk akan pergi ke mesin kasir untuk membayar produk yang diinginkan dan dipilih olehnya. Konsumen biasanya tidak mengisi formulir yang ada dengan detail kontak. Tidak semua jenis produk berupa barang dan jasa cocok dengan fenomena lead generation. Generasi lead generation paling efektif berada pada pasar yang kompetitif, pada hal ini konsumen tidak peduli kemana dia akan membeli suatu produk, namun konsumen akan melihat proses timbal balik dari suatu bisnis terhadap konsumen tersebut dimana hal ini akan memikat konsumen untuk datang kembali ke toko tersebut.

5. Pemasaran dan Periklanan Sosial

5.1 Pemasaran blog (Blog Marketing)

    Perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang, mempermudah kegiatan sehari-hari yang menjadi lebih efisien. Seperti contohnya dalam melakukan pemasaran produk atau jasa yang dahulu dilakukan secara datang menuju toko secara langsung maka sekarang sudah dapat mengetahui informasi atau ingin memesan produk tanpa harus mendatangi tokonya. Pemasaran blog yaitu strategi pemasaran di era digital yang menggunakan blog sebagai alatnya. Dengan adanya blog maka dapat membantu kegiatan suatu bisnis dalam menjalankan kegiatan pemasaran produk dan pengenalan produk secara online untuk dapat menjangkau area pemasaran yang lebih luas

5.2 Pemasaran permainan (Game Marketing)

    Pemasaran permainan adalah sebuah cara menghubungkan permainan ke dalam blog bisnis, atau aplikasi bisnis untuk mempengaruhi konsumen dalam terlibat kegiatan kebutuhan bisnis. Seperti konsumen diminta untuk memainkan permainan agar dapat mengumpulkan skor atau poin yang dapat mendorong konsumen dalam memberikan penilaian positif. Strategi ini dapat menambah nilai lebih terhadap bisnis dan juga mempengaruhi konsumen dalam berkomunikasi dengan merek, sehingga dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pada bisnis.

6. Empat Fitur yang Mendorong Pertumbuhan                        Pemasaran      dan Periklanan Sosial

6.1 Social sign-on

    Social sign-on adalah bentuk informasi login yang terdapat pada media sosial seperti facebook sebagai pengganti pembuatan akun baru yang dikaitkan dengan situs web tersebut. Penggunaan fitur sign on tersebut dapat membantu pengguna dalam mencari tren terbaru yang dapat menjadi penghubung otentikasi pengguna. Dengan menggunakan fitur tersebut maka dapat membawa dampak yang baik dalam pemasarannya diantaranya dapat menentukan konten yang tepat untuk pengguna tersebut.

6.2 Collaborative shopping

    Collaborative shopping adalah hasil dari kombinasi antara e-commerce dengan media sosial, yang dapat membantu penjual dalam mempromosikan bisnisnya, dan juga dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi konsumennya terhadap citra merek suatu bisnis.

6.3 Network notification

    Network notification adalah koneksi jaringan yang mendukung antara pengiklan dan juga situs pada website.

6.4 Social search (recommendation)

    Social search adalah cara yang dilakukan oleh pengguna dalam menggunakan kata kunci untuk meningkatkan pencariannya terhadap produk atau jasa yang dibutuhkannya untuk mendapatkan hasil pencarian yang dibutuhkannya.

7. Pemasaran dan Periklanan Seluler

7.1 Pemasaran Seluler (Mobile Marketing)

    Pemasaran seluler yaitu kegiatan mempromosikan produk atau jasa yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar. Kegiatan pemasaran seluler ini menggunakan smartphone sebagai alat promosinya dengan memanfaatkan fitur- fitur yang tersedia pada smartphone seperti aplikasi sosial media, SMS dan juga MMS.

7.2 Pemasaran Aplikasi (App Marketing)

    Pemasaran Aplikasi atau App Marketing adalah cara pemasaran dalam bentuk aplikasi, yang mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pengguna aplikasi agar mendapatkan keuntungan.

7.3 Format Utama Pemasaran dan Periklanan Seluler

a) Display

    Disply adalah gabungan antara teks dengan gambar, yang memiliki ukuran tertentu. Pemasaran ini biasanya muncul pada suatu website yang kita kunjungi.

b) Rich Media

    Rich Media adalah gabungan antara teks, gambar, animasi, dan juga suara, tujuan periklanan ini agar dapat berinteraksi dengan pengguna.

c) Video

    Video adalah gabungan gambar, kata-kata, animasi, dan juga suara. Cara ini paling sering digunakan dalam situs youtube. Yang akan muncul ketika pengguna sedang melihat video di situs tersebut.

d) Games

    Pemasaran dan periklanan games yaitu iklan yang muncul ketika pengguna sedang bermain games, iklan yang muncul diantaranya berbentuk pop-up, iklan berbentuk full image ads, dan juga video ads.

e) E-mail

    Pemasaran dan periklanan email yaitu cara menawarkan produk ataupun jasa kepada konsumen dengan menggunakan alat bantu yaitu pesan elektronik (e-mail) dalam menyampaikan tujuan tersebut kepada client nya.

f) Text Messaging (SMS)

    Test Messaging (SMS) dalah cara pemasaran dan periklanan yang memuat isi iklan berupa text, penggunaan cara ini dapat membuat pemasaran langsung dituju kepada client.

g) In store messaging

    Pemasaran dan periklanan ini dilakukan secara langsung untuk mencari informasi. Biasanya cara ini digunakan secara bersamaan untuk membandingkan produk pada toko ataupun di internet.

h) Quick Response (QR) Codes

    Quick Response adalah metode pemasaran dan periklanan yang menggunakan kamera smartphone sebagai alat untuk membaca kode tersebut, cara ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis karena dengan kemajuan teknologi, maka pengguna smartphone pun semakin bertambah. Penggunaan metode ini sangat membantu para pelaku bisnis karena dengan menempelkan kode di papan iklan, kode pada produk, atau di koran maka pengguna akan mendapatkan informasi secara lengkap yang terhubung pada website bisnis tersebut.

i) Couponing

    Couponing adalah cara pemasaran dan periklanan dalam memberikan potongan harga atau hadiah yang diberikan melalui seluler.

8. Pemasaran Lokal

     Pemasaran lokal atau pemasaran lingkungan merupakan jenis pemasaran yang berfokus pada komunitas di sekitar toko fisik (offline), pada pemasaran ini pesan promosi diarahkan kepada target audiens lokal bukan pasar massal. Pada praktiknya pemasaran lokal memiliki beberapa bentuk yang berbeda karena pada kenyataannya banyak bisnis lokal yang menghubungi konsumennya secara langsung melalui alat pemasaran lokal seperti, e-mail, acara kota, sponsor, tim lokal, dan iklan di koran kota. Pemasaran lokal biasanya digunakan oleh bisnis-bisnis kecil seperti toko atau restoran yang hanya memiliki satu outlet. 
       Pemasaran lokal memungkinkan perusahaan memiliki basis pertumbuhan yang kokoh di sekitar bisnisnya, biasanya radius yang dicapai dari jenis pemasaran lokal ini adalah 16 KM. Namun, bisa saja jangkauannya menjadi lebih sedikit jika berada pada daerah perkotaan yang lalu lintas lokal serta kepadatan lingkungannya cukup tinggi, hal ini tentunya menjadi kekurangan bagi pemasaran lokal. Adapun beberapa kelebihan dari pemasaran lokal yaitu: 
- Audiens paling relevan, 
- Memanfaatkan pemasaran melalui word of mouth, 
- Membuat asosiasi, 
- Memungkinkan untuk melakukan pemasaran yang lain.

Komentar

Postingan Populer